Mas Kawin

Hukum Menikah dengan Mas Kawin Minyak Goreng

Gambar : Google

NUPEDIA.ID, KAJIAN – Kemarin di Ponorogo Jawa Timur dilangsungkan pernikahan yang unik yakni dengan menggunakan mas kawin berupa satu liter minyak goreng.

"Aku terima nikah dan kawinnya fulanah binti fulan dengan mas kawin berupa satu liter minyak goreng dibayar tunai."

Saah..... saaaaah..!!!.

BOLEHKAH MAS KAWIN MENGGUNAKAN MINYAK GORENG..?

Imam Nawawi memberikan batasan mas kawin dengan:

ما صح مبيعا صح صداقا

"Sesuatu yang sah diperjual belikan maka sah dijadikan sebagai mas kawin."

Artinya, jika suatu benda itu punya nilai walaupun toh sedikit maka boleh dijadikan sebagai mas kawin dalam pernikahan. Sehingga minyak gorengpun sah saja dijadikan sebagai mas kawin.

FILOSOFI MAS KAWIN MINYAK GORENG

Sebenarnya ada pesan khusus dalam mas kawin berupa minyak goreng tersebut. Yaitu, walaupun minyak goreng harganya tidak seberapa dan nilainya tidak terlalu tinggi, namun barang yang satu itu sekarang keberadaannya sangat langka dan sulit didapat. Barang itu kini menjadi incaran emak-emak.

Untuk itulah haram hukumnya melakukan penimbunan (ihtikar) demi memperoleh keuntungan pribadi dengan mengorbankan masyarakat luas. Dan ini tentu menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah untuk menertibkannya agar tidak sampai terjadi ada masyarakat yang membuat rempéyék dan kerupuk rebus karena sulitnya mendapatkan minyak goreng.

Penulis : Ust. Faisol Tantowi (Rais Syuriah PCNU Badung)

Berita Lainnya

berita terbaru
Menanggapi viralnya video tentang adzan yang menggantikan Hayya Alash Shalaah dengan Hayya Alal Jihad, menurut Gus Yusuf hukumnya tidak sah adzannya.

Kalimat Adzan Hayya Alash Shalaah diganti Hayya Alal Jihad, Bagaimana Hukumnya?

02/12/2020 - 11:09

berita terbaru

NU dan NKRI Satu Jiwa

10/01/2017 - 00:00

Comments