Sejarah Singkat NU di Kota Depok

Peran KH Achmad Sjaichu dan Sejarah Singkat NU di Kota Depok

Pesantren Al-Hamidiyah Depok

NUPEDIA.ID, DEPOK – Cikal bakal Nahdlatul Ulama di Kota Depok Tidak lepas dari peran seorang tokoh Ulama yang diakui oleh kalangan nasional bahkan dunia internasional.

Sejarah kepengurusan Nahdlarul Ulama Kota Depok, melekat dengan peran Pesantren Al-Hamidiyah, Pesantren yang berlokasi Jl. Raya Sawangan Depok Jl. Raya Sawangan No.KM.2 No.12, Rangkapan Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16435

Berdirinya Pesantren Al-Hamidiyah tidak lepas dari sosok seorang alim, orator serta organisatoris. Tumbuh dari Ranting kepengurusan NU hingga menjadi Tokoh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Beliaulah Al-Magfurlah Kiai Achmad Sjaichu merupakan Santri alumni Pesantren Al-Hidayah Salafiyah Lasem, Rembang yang diasuh oleh Kiai kharismatik Mbah Ma'sum.

Al-Magfurlah Kiai Achmad Sjaichu menjadi Santri yang mendapat perhatian lebih dari Ulama Kharismatik Mbah Kiai Ma'sum, sehingga tidak heran jika pada masanya Al-Magfurlah menjadi seorang tokoh yang disegani, berwibawa baik di Jam'iyah Nahdlatul Ulama maupun di Pemerintahan.

Pengalaman Al-Magfurlah Kiai Sjaichu dari kepengurusan Ranting hingga PBNU inilah sehingga beliau hadir sebagai tuan rumah di Pesantren Al-Hamidiyah. Serta beliau memberikan sambutan sekaligus arahan kepada para calon Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok periode awal.

Patut diketahui bahwa saat itu PBNU mengutus tim ke Pesantren Al-Hamidiyah untuk Mengawal pembentukan PCNU Kota Depok.

Ada pun yang terpilih menjadi Ketua Tanfidziyah pertama pada tahun 1989 adalah Drs H Djundan Suwarman dari Beji, dan pada saat itu menitipkan anaknya sebagai Santri Pesantren Al-Hamidiyah Depok.

Hingga kini PCNU Kota Depok terus giat menjaga tradisi Ahlus Sunnah wal Jamaah An-Nahdliyah di masyarakat Kota Depok.

Pada salah satu ceramahnya di Channel Youtube Al-Urf, Kiai Ahamd Mahfud Anwar tokoh NU yang juga sebagai ketua Tanfidziyah periode kedua pada tahun 1998-2003 PCNU Kota Depok mengungkapkan bahwa Kiai Achmad Sjaichu sangatlah berperan dalam pembentukan PCNU pada saat itu.

"Peran Kiai Achmad Sjaichu tidak hanya mendirikan Pesantren Al-Hamidiyah semata, dengan Pesantren ini lahir kader-kader Nahdlatul Ulama hingga kini, dan PCNU Kota Depok adalah hasil perjuangannya, beliaulah sebagai tokoh PBNU pertama di Kota Depok," ucap Kiai pengampu Channel Al-Urf yang juga sebagai Ketua Majelis Ta'lim Pesantren Al-Hamidiyah Depok saat ini.

Kontributor / Pewarta : Abdul Mun'im Hasan

Berita Lainnya

Comments