Komunitas Green Nusantara : Menanam untuk Air dan ketahanan Pangan

ketua panitia, ketua umum tengah dan pemuda botolinngo saat survei. 26/11/20. NUPedia.id/Rusli

NUPEDIA.ID, BONDOWOSO – Komunitas Green Nusantara yang terdiri dari gabungan alumni mahasiswa pecinta alam (Mapala) dan gabungan dari siswa pecinta alam (Sispala) akan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi, edukasi dan pelestarian alam, esok hari Minggu 29/11 kegiatan ini di beri tema "Menanam Untuk Air" di Botolinggo Bondowoso.

Zia Ulhaq Ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa kondisi di Desa kedaung kecamatan Botolinggo sangat krisis Air. "Kita akan melakukan kegiatan di Botolinggo sebab daerah tersebut mengalami kirisis lingkungan sehingga berdampak terhadap kurangnya Air. Kita sudah survei dan diskusi ke masyarakat di sana dan hasilnya Botolinggo sangat menbutuhkan perawatan lingkungan untuk mengembalikan ekosistem yang ada" Ungkapnya.

Kegiatan tersesbut di apresiasi oleh masyarakat setempat "yang terdata 280 kepala keluarga yang akan ikut berpartisipasi melakukan penanaman" Ujarnya kepada NUpedia

Penanaman tidak hanya penghijauan saja akan tetapi bagaimana pohon-pohon yang di tanam bisa mengasilkan air dan buah-buahan.

Messi Ketua Umum Green Nusantara menyampaikan "perihal bibit ada dua macam yaitu produktif dan non produktif. Pohon produktif itu berbentuk pohon berbuah, hal itu bertujuan sebagai ketahanan pangan masyarakat serta penyangga perekonomian. Sedangkan pohon non produktif yaitu pohon yang rindang dan banyak menyimpan kandungan air bersih yang akan bermanfaat untuk kelestarian lingkungan dan sebagai penyediaan air bersih untuk generasi mendatang" ungkapnya. 

Sejauh ini H-3 panita sudah siap 85% dan sekarang kita masih mengupayakan beberapa hal yang di butuhkan nanti, protokol kesehatan juga sudah kami lengkapi disana. Tambah Messi

Berita Lainnya

berita terbaru
Hari Santri Nasional 2017

Santri Menurut KH Said Aqil Siraj

15/10/2017 - 18:54

berita terbaru
Hari Santri Nasional 2017

Nahdlatul Ulama Rilis Lagu 'Seruan Jihad Sang Kiai'

15/10/2017 - 10:05

Comments